oleh

Jejaring Sosial Path Ditutup

Sempat disebut-sebut sebagai pesaing serius Facebook, jejaring sosial Path akhirnya menyerah. Path memutuskan untuk menutup layanannya. Kabar aplikasi jejaring sosial Path tutup diumumkan melalui akun twitter Path (@Path) pada Senin, 17 September 2018.

Path menyampaikan rasa terima kasih pada seluruh pengguna yang telah menggunakan dan mendukung aplikasi Path. “Dengan sangat menyesal mengumumkan bahwa layanan Path akan dihentikan. Ini perjalanan yang panjang dan kami dengan tulus berterima kasih kepada Anda untuk tahun-tahun penuh cinta dan dukungan kepada Path,” tulisnya Senin, 17 September.

Path menyatakan layanan akan dihentikan pada tanggal 18 Oktober 2018. “Harap perhatikan bahwa Anda tidak akan dapat mengakses layanan setelah (10.18.2018),” tulisnya.

Path menyarankan agar pengguna dapat memback-up data mereka dengan mengunduh dan menyimpan salinan data sebelum Path tidak bisa diakses lagi. “Kami mungkin tidak menyimpan salinan data Anda di dan dari tanggal tersebut. Karena itu, Anda dianjurkan untuk mengunduh dan menyimpan salinan data Anda,” ujarnya.

Pada 17 September 2018 Path melakukan pemberitahuan tentang penghentian layanan Path. Kemudian, tanggal 1 Oktober 2018 aplikasi Path tidak bisa diunduh dan diperbarui melalui Google Play Store maupun Apple App Store. Pada tanggal 18 Oktober 2018 layanan Path sudah tidak dapat diakses lagi. Terakhir pada 15 November 2018 Path akan menutup layanan Customer Servicenya.

Path didirikan oleh mantan Manajer Produksi Facebook Dave Morin, dan duo mantan pendiri Napster Dustin Mierau and Shawn Fanning. Di tahun 2010 Path sempat menarik perhatian karena keunikannya, yakni pengguna dibatasi hanya bisa memiliki 50 teman, yang memberi alternatif bagi pengguna yang merasa pertemanan di Facebook terlalu ramai. Belakangan, pembatasan pertemanan dinaikkan menjadi 150 dan kemudian 500.

Di masa jayanya, Path pernah memiliki pengguna hingga 50 juta. Google bahwa sempat berupaya membeli layanan ini seharga 100 juta dolar, namun ditolak.

Pada akhirnya, Path memang tak mampu menandingi keperkasaan sang raksasa Facebook, yang kini punya pengguna aktif sebanyak 1,5 milyar.

Komentar