oleh

Pemkot Manado Serius Kembangkan PLTB

-Berita Utama, Manado-66 views

METRO, Manado – Pemerintah Kota (Pemkot) Manado serius dalam mengembangkan salah satu konsep smart energy lewat Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa. Pengembangan PLTB ini akan dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH) Bailang, yang merupakan bantuan dari Fengshia University yang berlokasi di Taiwan.

”Ini adalah bantuan berupa sample alat pembangkit energy dengan menggunakan bioenergy yakni energi dari sampah biomassa termasuk limbah hewan,” jelas Mor.

Dia mengatakan selain bisa menghasilkan tenaga listrik pengembangan PLTB ini juga bisa menjadi tempat belajar bagi para mahasiswa untuk memahami proses penggunakan energi terbarukan. Wawali berharap kerja sama seperti ini dapat terus dilakukan dan bisa tercipta teknologi-teknologi baru yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Diharapkan ke depan kerja sama ini lebih diperluas. Terutama juga alih teknologi yang lain,” tukasnya seraya menambahkan dengan menggunakan energi terbarukan ini Pemerintah Kota Manado melaksanakan bagian program dari Smart City yaitu smart energy.

Pembangkit listrik tenaga biomassa ini nantinya akan memanfaatkan limbah kotoran dari hewan untuk menghasilkan listrik.

Penulis Reymond Fransisco

Komentar