oleh

Disperindag Sosialisasi Perizinan Minuman Beralkohol

-Manado-55 views

Foto bersama peserta sosialisasi

 

METRO, Manado- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperidag) Kota Manado menggelar sosialisasi Perizinan Minuman Beralkohol, Rabu (31/10/2018)bertempat di Ruang Toar Lumimuut (Tolu) Kantor Walikota Manado.

Kegiatan ini dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado, Micler Lakat dan diikuti para peserta dari unsur pelaku usaha Rumah Makan, Hotel, Tempat Hiburan, Distributor, Sub Distributor, dan Pemilik Pabrik Minuman Baralkohol Lokal.
Kepala Disperidag Kota Manado, Meisje Wollah menjelaskan bahwa ada beberapa ketentuan penjualan minuman beralkohol.

Untuk minuman beralkohol golongan A, golongan B dan golongan C hanya dapat dijual di tempat seperti Hotel, bar dan restoran yang memenuhi persyaratan sesuai perundang-undangan di bidang kepariwisataan, toko bebas bea dan tempat tertentu yang ditetapkan oleh Bupati/Walikota dan Gubernur dengan ketentuan tempat tersebut tidak berdekatan dengan tempat peribadatan, lembaga pendidikan dan rumah sakit.

Lanjutnya, minuman beralkohol golongan A seperti contoh bir juga, dapat dijual di toko pengecer (supermarket).
Dia mengatakan sudah ada tim yang dibentuk untuk mengawasi peredaran dan penjualan minuman beralkohol di Kota Manado. Tim ini terdiri dari Dinas Perindag, Balai Besar POM, Dinas Pariwisata, Polisi, Dinas Kesehatan hingga Satpol PP.

“Tim ini nantinya akan melakukan pengawasan dan bila ada pelanggaran akan ada sanksi yang kita beriksan sesuai aturan yang berlaku. Lewat sosialisasi ini kita sudah sampaikan kepada para peserta tentang aturan-aturannya,” ujar Wollah didampingi Kabid Hans Singkara.

Dilanjutkannya, dasar hukum untuk penjualan minuman beralkohol, antara lain; Peraturan Presiden RI no 74 tahun 2013 tentang Pengendalian dan Pengawasan Minuman Beralkohol, Peraturan Menteri Perdagangan RI nomor 72/M-DAG/PER/10/2014 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Perdagangan RI nomor 20/M-DAG/PER/4/2014. Peraturan Menteri Perdagangan RI nomor 08/M-DAG/PER/1/2015 tentang Perubahan kedua atas Permendag nomor 20/M-DAG/PER/4/2014 tentang Pengendalian dan Pengawasan terhadap Pengadaan, Peredaran dan Penjualan Minuman Beralkohol.
Nara sumber dalam kegiatan tersebut, yakni;Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Manado Ir. Meisje Wollah, MSi., Kasat Reserse Narkoba Polresta Manado Kompol Dodi Haryansah, SH., Kasi Pengawasan, Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Disperindag Provinsi Arnlod Kindangen, SE., Kabag Hukum Pemkot Manado Budi Paskah Yanti Putri, SH. MH. dan Viviani Ismayati Perwakilan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Atap (DPM PTSP) Kota Manado.

 

Penulis: Reymond Fransisco

Komentar