oleh

Kotak Suara Kecamatan Mapanget Dipindahkan

-Manado, Politik-51 views

Lokasi pemindahan kotak suara kecamatan Mapanget.

 

 

 

METRO, Manado- Sebanyak 880 kotak suara Kecamatan Mapanget dipindahkan dari sekretariat PPK di Kantor Camat ke lokasi stan pameran, Kelurahan Kairagi II, Jumat (19/04/2019) malam. Pemindahan kotak suara ini sempat disoroti warga bahkan menjadi viral di media sosial.

 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado Sunday Rompas, mengungkapkan pemindahan kotak suara pemilu untuk wilayah Kecamatan Mapanget, dari kantor camat ke stand pameran Pemkot Manado di Kayuwatu, Kelurahan Kairagi 2 karena kantor camat Mapanget tidak mampu menampung logistik kotak suara pemilu untuk kecamatan Mapanget yang dipersiapkan untuk pelaksanaan pleno di kecamatan.
Perpindahan logistik kotak suara inipun dilakukan dibawah koordinasi dengan Panwas kecamatan, Panwas kelurahan Paniki Bawah dan pihak kepolisian.

“Ada 880 kotak suara yang dipindahkan,” ungkapnya saat menyambangi lokasi pemindahan kotak suara, Sabtu (20/4/2018) sore.
Lanjutnya, terkait temuan segel yang ditemukan di sekitar lokasi pemidahan kertas suara, dia menyebut itu adalah sisa segel dari TPS 17 kelurahan Kairagi 2, yang kebetulan lokasi pelaksanaan pemilihan juga berlokasi di stand pameran Pemkot Manado saat 17 April lalu.

Rompas juga menjelaskan soal informasi tentang ditemukannya surat suara. Dirinya membantah kalau apa yang ditemukan itu adalah surat suara. Menurutnya yang ditemukan itu ssebenarny daftar calon tetap (DCT).
“Sementara untuk kabel ties yang terbuka, itu terjadi waktu pengangkutan,” jelasnya.
Saat ditanya mengenai tidak diinformasikannya pemindahan kotak suara tersebut ke pihak parpol, caleg ataupun saksi, menurutnya sesuai aturan hal tersebut tidak perlu dilakukan.

“Dalam regulasi tidak wajib diinformasikan ke partai politik dan saksi. Mereka nanti diundang saat pleno,” jelas Rompas.
Pemindahan kotak suara ini sempat heboh dan viral pada Jumat (19/04/2019) malam.
Dimana perwakilan salah satu partai politik serta masyarakat mendatangi lokasi pemindahan kotak suara pemilu setelah mendapat sejumlah informasi. Mereka mempertanyakan alasan pemindahan kotak suara dan meminta hal ini diusut tuntas.(Rey)

Komentar