oleh

Kapolri Angkat Irjen Nana Sudjana Jabat Kapolda Sulut

METRO, Manado- Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi jabatan di tubuh Polri. Di antara memutasi sejumlah Kapolda termasuk Sulawesi Utara.

Dalam surat telegram nomor ST/318/II/KEP/20121, Listyo mengangkat Irjen Pol R.Z. Panca Putra S yang kini menjabat Kapolda Sulut menjadi Kapolda Sumatera Utara. Jabatan Kapolda Sulut akan diisi oleh Irjen Pol Nana Sudjana yang sebelumnya menjabat sebagai Koorsahli Kapolri. Sementara jabatan Nana akan diisi oleh Irjen Pol Martuani Sormin yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sumut. Nana juga diketahui pernah menjabat Kapolda Metro Jaya.

Selain itu Irjen Pol Purwadi Arianto dimutasi dari jabatannya sebagai Kapolda Lampung. Mutasi ini berkaitan dengan penempatan Purwadi ke luar struktur Polri. Informasi yang dihimpun, Purwadi akan menjabat sebagai Sestama Lemhannas.

Jabatan Kapolda Lampung akan ditempati Irjen Pol Hendro Sugianto yang sebelumnya menjabat sebagai Asrena Polri.

Selain itu, posisi Kapolda Papua juga mengalami pergantian. Irjen Pauluw Waterpauw dipromosikan menjadi Kabaintelkam Polri menggantikan Komjen Rycko Amelza.

Posisi Kapolda Papua akan diisi oleh Brigjen Pol Mathius D Fakhiri yang sebelumnya merupakan Wakapolda Papua. Sementara itu Komjen Agus Andrianto diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabareskrim Polri. Komjen Agus sebelumnya menjabat Kabaharkam Polri. Agus mengisi kekosongan jabatan yang ditinggalkan Sigit setelah menjadi Kapolri. Posisi Kabaharkam Polri akan ditempati Komjen Arief Sulistyanto.

Jabatan Komjen Arief sebelumnya adalah Kalemdiklat Polri. Kemudian Brigjen Pol Syahardiantono diangkat menjadi Wakabareskrim Polri menggantikan Irjen Pol Wahyu Hadiningrat yang diangkat menjadi Asrena Kapolri.(50/dtc)

Komentar