oleh

Maurits-Hengky Geser Tiga Pejabat Eselon II

Ruddy Theno jabat Plt Kadis Kominfo

METRO, Bitung- Mutasi pejabat pimpinan tinggi pratama atau eselon II di Pemkot Bitung kembali bergulir. Ada tiga pejabat yang masuk gerbong mutasi pada Selasa (26/10) kemarin. Mereka terdiri dari Albert Sarese, Franky Sondakh dan Ruddy Theno.

Seperti yang sudah-sudah, pengangkatan pejabat eselon II ini dipimpin oleh Wakil Walikota Hengky Honandar. Ia melantik dan mengambil sumpah para pejabat di ruang kerjanya di lantai III Kantor Walikota.

Namun demikian, hanya dua pejabat yang mengikuti pelantikan pada sore kemarin. Yang satu lagi tidak dilantik karena statusnya masih pelaksana tugas atau Plt.

Dalam gerbong mutasi ini Albert Sarese harus melepas jabatan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah. Ia kini didapuk menjadi salah satu Staf Ahli Walikota. Adapun, jabatan yang ia tinggalkan selanjutnya diisi oleh Franky Sondakh.

Franky sendiri bukan orang baru di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah. Sebelum menjabat Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ia pernah memimpin perangkat daerah tersebut. Alhasil, kapasitasnya tak perlu diragukan lagi.

Sementara, untuk Ruddy Theno dipercaya pimpinan memegang jabatan yang ditinggalkan Franky. Ia kini berstatus sebagai Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, sekaligus Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Karena itu, Ruddy jadi satu-satunya pejabat yang tidak dilantik sore kemarin. Ia hanya menerima surat tugas untuk jabatan barunya.

Pengangkatan tiga pejabat ini didasari Surat Keputusan Walikota Bitung Nomor: 821/926/WK. Surat tersebut bertanggal 26 Oktober 2021.

Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemkot Bitung, Forsman Dandel, memberi penjelasan terkait pengangkatan pejabat di atas. Ia menyebut hal itu bagian dari kebijakan penyegaran birokrasi oleh Walikota dan Wakil Walikota.

“Dan seperti yang sudah dilakukan pada beberapa jabatan, ini juga tindak lanjut dari pelaksanaan job fit dan open bidding bagi para pejabat,” ujarnya saat ditemui usai pelantikan.

Albert Cs oleh Wakil Walikota Hengky Honandar diingatkan soal etos kerja. Mereka diharapkan harus cepat beradaptasi sekaligus menunjukan kinerja yang baik.

“Ini bagian dari upaya kita untuk memacu kinerja pemerintahan menjadi lebih baik lagi. Karena itu tolong diperhatikan dengan serius semua tugas dan lakukanlah yang terbaik,” pintanya kepada tiga pejabat tersebut.

Terpisah, Franky Sondakh yang dimintai tanggapan mengucapkan terima kasih kepada Walikota dan Wakil Walikota. Ia pun berjanji akan bekerja sebaik mungkin dan sesuai ketentuan yang berlaku. Meski begitu, ia tidak mau muluk-muluk perihal sasaran yang ingin dicapai.

“Saya akan meneruskan kinerja pimpinan sebelumnya. Pak Albert (Sarese) punya kinerja yang baik jadi saya harus mempertahankan itu sambil mengupayakan beberapa peningkatan,” tukasnya.

Sebelum ini, pengangkatan pejabat eselon II di Pemkot Bitung sudah berlangsung dalam dua tahap. Pada tahap pertama ada dua pejabat yang diangkat, yakni Julius Ondang sebagai Asisten I definitif, serta Eugenie Mantiri sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemudian, pada tahap dua giliran Steven Suluh dan Forsman Dandel yang masuk gerbong. Keduanya saling bertukar posisi. Steven menggantikan Forsman sebagai Kepala Satpol-PP, dan Forsman menggantikan Steven sebagai Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.(69)

Komentar