Satgas 712/Wiratama Bantu Pengamanan Proses Adat Perdamaian Pasca Perang Suku di Distrik Kalome

Nasional101 views

METRO, Manado- Acara adat Bayar Kepala adalah salah satu tradisi suku di Papua tak terkecuali di Distrik Kalome, Kab. Puncak Jaya.

Setelah sekian lama terjadi perselisihan dikarenakan perang suku antara Kampung Kalome Atas dan Kalome Bawah, akhirnya perdamaianpun tercipta, Senin (14/08).

Adalah Pos Kalome yang berada diantara pihak yang berselisih yang turut mengamankan proses adat perdamaian diwilayahnya setelah sejak tahun 2017 yaitu terjadinya perang suku yang mengakibatkan adanya korban jiwa. Dari awal Pos menginjakkan kaki, sedikit demi sedikit anggota pos turut mendorong para tertua adat dan suku di Kalome untuk mengadakan acara perdamaian melalui komsos dan pendekatan teritorial.

Pada akhirnya kedua pihak yang berselisih sepakat untuk berdamai, karena banyak sekali manfaatnya seperti dibukanya kembali fungsi gereja dan sekolah untuk anak-anak di Distrik Kalome. Satgas juga mendapatkan apresiasi atas apa yang telah dilakukan untuk masyarakat Kalome selama ini hingga rangkaian acara adat Bayar Kepala ini berjalan dengan aman dan lancar.

“Kami sangat bersyukur karena acara adat Bayar Kepala yang menandakan perdamaian antara pihak yang berselisih sejak lama di Distrik Kalome berjalan dengan lancar. Saya juga berterima kasih kepada Pos Kalome yang telah menjaga kondusifitas keamanan masyarakat untuk melaksanakan adat perdamaian ini. Harapannya Distrik Kalome menjadi semakin maju dan sejahtera setelah perdamaian ini,” ujar Dansatgas, Letkol Inf Madiyan Surya, S.Hub.Int., M.Han.

“Baik kami sampaikan dari Distrik Kalome, Wonwi dan Waegi disini budaya orang Papua pegunungan adalah itu perang, selama ini terjadi akibat pergantian Kepala Kampung. Hari ini penyelesaian Bayar Kepala. Pertama Masak Wam(babi), Kedua bayar denda untuk korban, yang ketiga bayar babi, yang terakhir makan bersama semua keluarga dari mana-mana. Selesai itu mereka pulang ke kabupaten masing-masing,”

“Kami terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Puncak Jaya dan kabupaten lain telah bantu acara ini. Kami terima kasih juga kepada TNI-Polri khususnya Pos Kalome Satgas 712 dan Pos Maleo Tinggi Nambut yang mana sepanjang hidup ini, sepanjang jalan ini mereka sampaikan pemahaman kepada masyarakat sehingga sampai detik ini suasana aman dan kondusif kita menyelesaikan Bayar Kepala dengan baik. Tuhan yang akan balas semua itu,” ungkap Matius Kiwo, SE, MM, selaku Kepala BPBD Kabupaten Puncak Jaya, yang juga merupakan warga Distrik Kalome.(50)

Komentar