Gunung Ruang Erupsi Lagi, Bandara Samrat Tutup Sampai Sabtu Siang

METRO, Manado- Penutupan Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado kembali diperpanjang menyusul terjadinya erupsi Gunung Ruang pada Jumat (19/4/2024) sore sekitar pukul 17:06 WITA.

Manager Humas Bandara Samrat, Yanti Pramono, mengatakan dengan mempertimbangkan alasan keselamatan dan keamanan penerbangan, maka operasional Bandara Samrat ditutup sementara sampai dengan Sabtu 12 April 2024 pukul 12.00 WITA.

Kata Yanti, pihak Angkasa Pura sudah melakukan paper tes di beberapa titik di airside untuk setiap perjam untuk observasi pengamatan di lapangan atas sebaran abu vulkanik dampak erupsi.

“Sampai hari kedua ini peningkatan erupsi Gunung Ruang belum memungkinkan untuk dilakukannya penerbangan,” ungkap Yanti.

Ia mengatakan, hingga hari kedua ini, total sebanyak 47 flight dengan dengan total 6.165 penumpang, tujuan Jakarta, Surabaya, Sorong, Balikpapan, dan juga beberapa flight international yang di-cancel penerbangannya

“Untuk para penumpang yang terdampak dihimbau untuk segera melakukan reschedule ataupun refund di flight di customer services di loby keberangkatan,” ujar Yanti.

Pada Jumat (19/4/2024) sore, Gunung Ruang terlihat kembali memuntahkan material vulkanik. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi melaporkan tinggi kolom letusan teramati sekitar 400 m di atas puncak atau 1125 m di atas permukaan laut.(71)

Komentar