oleh

Pemkot Manado Launching KIA

Wakil Walikota Manado, Mor Bastiaan menyerahkan KIA kepada salah satu anak

 

METRO, Manado- Pemerintah Kota Manado resmi melaunching pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA), Kamis (20/9/2018) di stand Pemkot Manado yang berlokasi di pameran pembangunan Pemprop Sulut. Kayuwatu Mapanget.

Wakil Walikota Manado, Mor Bastiaan mewakili Walikota GS Vicky Lumentut membuka kegiatan ini, mengatakan banyak manfaat yang bisa didapat bagi seorang anak yang memiliki KIA.

“Menurut peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 2 tahun 2016, penerbitan KIA ini untuk mendata, melindungi, dan memenuhi hak anak. Dengan adanya kartu identitas anak ini, maka anak-anak bisa mengurus keperluan mereka sendiri, tanpa harus memperlihatkan kartu keluarga.
Kartu ini bisa digunakan untuk kepentingan anak seperti mendaftar sekolah, periksa kesehatan, membeli tiket, menabung di bank, dan keperluan lainnya,” tukas Mor.

Lebih lanjut dia mengatakan KIA terdiri dari dua jenis yakni KIA untuk anak usai 0-5 tahun dan untuk yang berumur 5-17 tahun.
“Masa berlaku dua kartu ini juga berbeda. Untuk KIA di bawah 5 tahun, masa berlakunya akan habis saat anak berulang tahun ke 5. Sedangkan KIA untuk anak 5-17 tahun, masa KIA habis sehari menjelang ulang tahun ke-17,” ujarnya seraya menambahkan bahwa pembuatan KIA ini merupakan tupoksi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan gratis.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Manado, Julises Oehlers mengatakan ada sekitar 130.00 anak di Kota Manado yang wajib memiliki KIA.

“Kita berharap masyarakat dalam hal ini orang tua dapat mengurus pembuatan Kartu Identitas Anak. Kami siap melayani dengan maksimal, masyarakat tinggal memenuhi persyaratan sesuai ketentuan,” pungkas Kadis.

Pada kesempatan ini Wawali Mor didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Manado, Micler Lakat dan Kadisdukcapil Kota Manado, Julises Oehlers serta jajaran membagikan secara simbolis kartu KIA kepada sejumlah anak yang hadir di stand Pemkot Manado.

Adapun syarat-syarat penerbitan Kartu Identitas Anak, adalah sebagai berikut:
1. Bagi anak yang baru lahir KIA akan diterbitkan bersamaan dengan penerbitan akta kelahiran
2. Bagi anak yang belum berusia 5 tahun tapi belum memiliki KIA harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
-fotocopy kutipan akta kelahiran dan menunjukkan akta kelahiran yang asli
-KK asli orangtua/wali; dan
-KTP asli kedua orangtua/wali
3. Bagi anak yang telah berusia 5 tahun, persyaratannya sebagi berikut:
-fotocopy kutipan akta kelahiran dan menunjukkan akta kelahiran yang asli
-KK asli orangtua/wali; dan
-KTP asli kedua orangtua/wali
-pas foto anak berwarna ukuran 2×3 sebanyak dua lembar.

Penulis: Reymond Fransisco

Komentar