oleh

Dua Mahasiswa UNPI Tertipu Tawaran Beasiswa Palsu

Dra Debby Ch Rende MSi

METRO, Tondano – Dua dari ratusan Mahasiswa Universitas Pembangunan Indonesia (UNPI) Manado menjadi korban penipuan tawaran beasiswa palsu. Kedua mahasis itu terlanjur mentransfer sejumlah uang kepada pelaku yang identitasnya tidak diketahui.
Tawaran itupun diberikan penipu itu terhadap ratusan mahasiswa, namun hanya dua yang menjadi korban.
Rektor UNPI Dra Debby Ch Rende MSi mengatakan bawa mengetahui hal itu dari para mahasiswa. Dikatakan Rende juga bahwa pihaknya tidak pernah meminta uang terhadap mahasiswa ketika memberikan beasiswa.
“Pelaku beraksi dengan cara menelepon setiap mahasiswa dan menjanjikan janji akan memberi Beasiswa dengan jumlah sangat menggiurkan,” ujar Rende.
Dikatakannya juga bahwa para pelaku penipuan ini mengatasnamakan salah satu pimpinan rektor UNPI. Bahkan sudah ada Mahasiswa yang tergoda dengan aksi pelaku sehingga mereka terlanjur melakukan transfer tanpa mengkonfirmasi ke pihak kampus.
“Pelaku mengatasnamakan Steven R dan menyuruh transfer uang sebesar Rp 1 juta ke nomor rekening atas nama Darma Putra. Saya pastikan nomor telepon dan rekening bukan milik UNPI,” tukasnya.
Oleh karena itu Rektor langsung menginformasikan kepada seluruh jajaran dosen dan diteruskan ke mahasiswa agar jangan percaya kepada penelepon yang mengatasnamakannamakan rektorat.
“Kami sudah berkoordinasi dengan kepolisian untuk melacak para pelaku penipuan itu dan saat ini masih dalam proses penyelidikan,” tambah Rende.
Diharapkannya juga para mahasiswa dan orang tua untuk selalu hati- hati karena saat ini UNPI menjadi sasaran para pelaku.

Penulis: Roni Sepang

Komentar