Pimpin Rapat Banmus, Ketua DPRD: Untuk Sulut Hebat, Maju dan Sejahtera

Politik59 Dilihat

METRO, Manado- Ketua DPRD Sulawesi Utara Fransiscus Andi Silangen memimpin rapat Badan Musyawarah (Banmus) untuk menjadwalkan agenda-agenda penting, di antaranya rapat paripurna penetapan APBD tahun 2023.

Rapat digelar pukul 10.30 Wita pada Selasa (8/11/2022) dibuka dengan doa, yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD, dan digelar secara fisik dan virtual. Turut hadir pula jajaran Sekretariat DPRD.

Agenda-agenda yang ditetapkan adalah rapat paripurna dalam rangka penetapan Program Pemberntukan Peraturan Daerah (Propemperda), pengambilan keputusan terhadap Ranperda APBD tahun anggaran 2023, pengambilan keputusan terhadap Ranperda Tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataa Provinsi Sulut tahun 2022-2025, Ranperda tentang Pengelolaan Tempat Pemrosesan Akhir Sampah Regional, Ranperda tengan Pengelolaan Keuangan Daerah, serta Penyampaian/Penjelasan Gubernur tentang Rencana Umum Energi Daerah Tahun 2022-2050, dan Ranperda tentang Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Tahun 2021-2051.

Seluruh agenda ini ditetapkan digelar di hari yang sama, tepatnya Selasa siang.

Agenda lain yang ditetapkan Banmus adalah pelaksanaan Masa Reses III tahun 2022, yang dijadwalkan digelar 21-26 November 2022.

“Saya berterima kasih kepada pimpinan dan anggota Banmus, serta jajaran Sekretariat DPRD yang sudah hadir dalam penetapan agenda-agenda di DPRD. Kiranya apa yang ditetapkan ini akan membawa Sulut semakin hebat, maju dan sejahtera,” ucap Ketua DPRD Fransicus Andi Silangen saat menutup rapat Banmus.

Banmus sendiri mempunyai peran penting dalam menyusun rencana kerja Alat Kelengkapan DPRD, menciptakan agenda DPRD untuk masa sidang, sert memberikan pendapat kepada pimpinan DPRD dalam menentukan garis kebijakan pelaksanaan tugas dan wewenang DPRD. Menetapkan jadwal acara rapat DPRD, saran serta pendapat guna memperlancar kegiatan DPRD.

Pimpinan dan anggotaa Banmus DPRD Sulut, yakni Ketua dan Wakil ketua DPRD, Fransiscus Andi Silangen, J V Mailangkay, James A Kojongian dan Billy Lombok. Anggota, yakni Vonny Paat, Julius Jems Tuuk, Berty Kapojos, Fabian Klog, Arthur Kotambunan, Nick Lomban, Mohammad Wongso, Herol V Kaawoan.(ivo/kg)

Komentar