oleh

Akhir yang Indah Ferdinand Mewengkang Sebagai Wakil Rakyat

Drs Ferdinand Mewengkang MSi sering meraih predikat legislator terbaik dan terdisiplin.

METRO, Manado sorotan publik kepada kinerja anggota DPRD Sulawesi Utara yang tidak memuaskan karena lebih sering melakukan perjalanan dinas ketimbang masuk kantor, ada satu legislator yang patut mendapatkan jempol karena totalitasnya bekerja sebagai wakil rakyat.

Tak lain dan tak bukan adalah Drs Ferdinand ‘Novi” Mewengkang MSi. Politisi berlatar belakang birokrat yang dikenal disiplin dan paling rajin masuk kantor.

“Pak Novi paling rajin masuk kantor. Hampir setiap hari, datang pagi dan pulang sore,” ungkap sejumlah staf Sekretariat DPRD.

Tak hanya itu, dari pantauan wartawan, mantan birokrat senior Pemprop Sulut itu, tidak pernah tidak antusias menghadiri rapat dan aktif melakukan pembahasan. Selama hampir satu periode di DPRD  Sulut, ia memimpin empat kali Panitia khusus (Pansus) pembahas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur, dan memimpin lebih dari tujuh Pansus yang dibentuk oleh DPRD Sulut. Terakhir ia menjadi Wakil ketua Pansus Pertambangan dan Mineral.

Legislator Partai Gerindra juga menyabet penghargaan Forum Wartawan DPRD (Forward) Sulut sebagai legislator terajin setiap tahun selama ia duduk di Gedung Cengkih.

Akademisi, DR Ferry Liando pada Workshop Jurnalis Lawan Korupsi yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI dengan Alianasi Jurnalis Independen (AJI) Manado menyebutkan, bahwa mantan birokrat yang kemudian duduk menjadi legislator patut menjadi opsi bagi rakyat untuk memilih wakil rakyatnya.

Sebagai contoh, ia menyebut nama Mewengkang yang dikenal disiplin, penuh totalitas serta paham apa-apa yang akan dikerjakan di lembaga legislative.

“Itu karena beliau paham apa-apa yang akan dikerjakan. Kedisiplinan beliau bawa ke DPRD karena sudah terbiasa saat menjadi birokrat. Harusnya partai politik mempertimbangkan hal ini dalam merekrut calon anggota legislative, hingga nanti yang duduk adalah orang-orang yang paham dengan apa yang akan dikerjakan. Bukan hanya berdasar pada kepopuleran seseorang atau berapa banyak uang yang akan ia gunakan dalam berpolitik,” terang Liando.

Pujian juga sering datang dari sesame anggota legislative. Salah satunya dari Ketua Komisi II bidang Perekonomian dan Keuangan, Cindy Wurangian.

“Pak Novi adalah legislator yang pantas jadi panutan bagi kami. Sangat paripurna dalam menjalankan tugas,” sebut Cindy pada sebuah rapat beberapa waktu lalu.

Mewengkang sendiri pada saat membawakan laporan Panitia Khusus (Pansus) Pertambangan dan Mineral, Sabtu (7/9/2019) lalu menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukungnya menjalankan tugas sebagai wakil rakyat.

“Pengabdian ini adalah untuk rakyat Sulut,” ucapnya penuh haru, sambil menyatakan pamit dari pentas politik dan legislatif yang menjadi tempatnya mengabdi.

Usai turun dari mimbar, dan rapat paripurna usai, langsung dikerumuni orang-orang untuk bersalaman dan berfoto bersama. Dari mulutnya pun terus mengucapkan terima kasih atas dukungan baginya bekerja untuk rakyat.

Minggu (8/9/2019) kemarin, Mewengkang bersama 44 legislator periode 2014-2019 mengakhir masa jabatannya. Dan Senin (9/9/2019) sore hari ini, 45 legislator terpilih periode 2019-2024 akan dilantik. (YSL)