oleh

Kodim Manado Gencar Gelar Operasi Penegakan Protokol Covid

METRO, Manado- Mengawali OPPK (Operasi Penegakan Protokol Kesehatan) COVID-19 di kota Manado. Danramil 1309 – 02/WTPM Kapten Inf Jacob Wenas memimpin apel bersama bertempat di Koramil 1309 – 02/WTPM Jalan D.I Panjaitan Kota Manado.

Apel bersama tersebut melibatkan pasukan gabungan dari Koramil 1309 – 03/WSM , Polsek Wenang, Personel Yonif 712/Raider, SatPol PP, pada Selasa (02/02/2021).

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai bentuk upaya memutus mata rantai penyebaran wabah virus Covid – 19 di wilayah Manado, yang disinyalir berdasarkan data / persentase saat ini terjangkit positif virus corona meningkat.

Untuk itu, Kodim 1309/Manado melalui jajaran Koramil 1309 – 02/WTPM bersama Polsek dan Satpol PP dan Camat Wenang dengan menggunakan pengeras suara secara bergantian memberikan Edukasi dan himbauan terkait protokol kesehatan kepada warga masyarakat yang melakukan aktifitas diluar rumah.

Harapanya dengan himbuan ini agar setiap warga masyarakat selalu mematuhi prokes dengan Metode 3 M yaitu MENJAGA JARAK, MENGHINDARI KERUMUNAN /hindari kontak , selalu Memakai Masker dan Rajin Mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir cara ini agar supaya selalu dilakukan untuk mengurangi penyebaran wabah Virus Covid-19.

Adapun sasaran OPPK dan edukasi kali ini ialah Tempat-tempat kerumunan banyak orang yaitu tepatnya Kawasan Kuliner Jalan Roda Kompleks Pertokoan pasar 45 Kota Manado.

Dalam kesempatan tersebut Kapendam XIII/Merdeka Kolonel Kav Muh Zailani kepada media menyampaikan bahwa yang melatarbelakangi kegiatan tersebut karena khususnya di wilayah Provinsi Sulawesi Utara kasus positif covid 19 setiap harinya semakin meningkat, sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini masyarakat mengerti/memahami betapa pentingnya protokol kesehatan, hal ini bertujuan untuk menekan penyebaran wabah virus corona, dan ini sudah menjadi perintah dari pimpinan mulai dari pusat sampai pimpinan di Daerah. ” Ujar Kapendam ”

Dalam kesempatan yang sama pula Danramil 1309 – 02/WTPM Kapten Inf Jacob Wenas memgatakan Kegiatan ini sebagai bentuk sinergitas TNI – POLRI dalam rangka memutus rantai penyebaran virus Covid – 19 di wilayah Kota Manado, hal ini sesuai arahan Komando Atas yang harus dilakukan bersama sama dengan tujuan untuk memutus / menekan mara rantai penyebaran virus corona di wilayah tanggung jawab masing masing, sehingga masyarakat terhindar dari virus covid 19. Ucap Danramil.

Dandim 1309/Mdo Kol Inf Yohanes Reymond Raja Sulung Purba, SH.M.Tr.Han menambahkan Sinergitas dan kerjasama yang sudah berjalan dengan baik dalam OPPK (Operasi Penegakn Protokol Kesehatan) COVID-19 di wilayah Kota Manado ini agar tetap terjaga dan tingkatkan sehingga permasalahan sekecil apapun yang terjadi di wilayah dapat diselesaikan secara bersama sama.

Menurutnya, sinergitas TNI, Polri dan Pemerintah Daerah adalah merupakan modal utama dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi di wilayah, khususnya keberhasilan dalam memutus mata rantai penyebaran wabah covid-19 yang saat ini sangat dirasakan masyarakat Indonesia lebih khusus masyarakat Sulut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapendam XIII/MDK Kol Kav M.Jaelani, Kapolsek Wenang Kompol Undap, Danramil 1309 – 03/WSM Myr Inf Gabriel R Sale, Pasi Ops Kodim 1309/Mdo Myr Inf Frans Dahua, Kasi Media Online KodamXIII/MDK Myr Inf Suwarno, Kapten inf Jacob wenas (Danramil 1309-02/WTPM) , Camat Wenang Ibu Yunita Kumaat, dan Lurah kel Pinaesaan Yantce A.D Tendean SE.(50)

Komentar