Diskop Sulut Catat 3,557 Koperasi Aktif, Sebagian Besar Unit Simpan Pinjam

Ekonomi30 views

METRO, Manado- Menjelang Hari Koperasi Nasional tanggal 12 Juli 2024, Dinas Koperasi (Diskop) dan UKM Sulawesi Utara mencatat, jumlah koperasi di Sulut mencapai 3,557 unit.

Kepala Diskop Sulut, Tahlis Galang, mengungkapkan jumlah ini terdiri dari koperasi primer provinsi sebanyak 329 unit, koperasi pusat 78 unit, sisanya koperasi primer kabupaten/kota.

“Fokus pembinaan kami ada di tingkat Provinsi. Sementara di tingkat kabupaten dan kota kami tetap melakukan pembinaan dari segi penyediaan pelatih.

Kata Tahlis, ada lima jenis koperasi, yakni koperasi simpan pinjam, koperasi produsen, koperasi konsumen, koperasi jasa dan koperasi pemasaran.

“Unit koperasi simpan pinjam paling mendominasi dari total jumlah koperasi di Sulut,” jelasnya.

Meski mendominasi, namun kata Tahlis, unit usaha koperasi simpan jasa terbatas hanya di simpan pinjam itu sendiri, tanpa bisa memperluas bidang usaha. “Beda dengan jenis koperasi lainnya yang cenderung dinamis,” ungkapnya.

Menurut Tahlis, dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional ke-77 dilaksanakan upacara bendera di Lapangan Sparta Tikala Manado. Dalam upacara tersebut akan diserahkan penghargaan kepada unit koperasi yang dinilai berprestasi.

“Dalam upacara besok kita akan beri penghargaan bagi pengurus dan pengelola koperasi berprestasi dengan beberapa indikator, antara lain masuk kategori koperasi sehat,” tuturnya.(ian)

Komentar