oleh

Partisipasi Masyarakat Menentukan Kualitas Pemilu

Bawaslu Gencar melakukan sosialisasi pengawasan Pemilu

 

METRO, Tondano – Peran masyarakat dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) sangat penting. Karena dengan adanya partisipasi masyarakat sangat menentukan kualitas Pemilu.
Demikian dikatakan Koordinator Nasional Komite Pemilih Indonesia (TePI) Jerry Sumampouw dalam sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulut, Senin (26/11/2018) di Tondano.
“Tahapan Pemilu akan sukses jika ada partisipasi masyarakat. Karena hal tersebut akan menentukan kualitas Pemilu itu sendiri,” jelas Sumampouw.
Namun menurutnya partisipasi masyarakat harus dilakukan sejak awal tahapan Pemilu berlangsung. Bukan nanti setelah hari pemungutan suara.
Sementara Koordinator Divisi Pencegahan Bawaslu Sulut Kenli Poluan mengatakan jika pihaknya menyiapkan posko pengaduan di seluruh kantor pengawas Pemilu dari berbagai tingkatan.
“Kini dalam tahapan pemuktahiran data pemilih dan Kampanye. Jika ada pelanggaran silahkan laporkan,” tukasnya.
Dicontohkannya seperti pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) yang tidak bisa sembarang karena semua telah diatur oleh aturan terkait Pemilu.
Koordinator Divisi Hukum Supriadi Pangelu menambahkan bahwa tujuan itu semua adalah mencegah terlebih dahulu sebelum terjadi pelanggaran. Oleh karena itu dirinya mengajak seluruh elemen masyarakat Minahasa untuk bersama Bawaslu melakukan pengawasan.(cel)

Komentar